Sunday, July 21, 2019

Destinasi Wisata Alam Gua Batu Cermin di Labuan Bajo Flores NTT

Obyek Wisata Alam Gua Batu Cermin Labuan Bajo

Gua Batu Cermin Labuan BajoKabupaten manggarai barat, flores, propinsi nusa tenggara timur,  memang dipenuhi dengan berbagai macam obyek wisata, salah satunya yang sudah terkenal seperti binatang buas komodo, namun selain hewan komodo ada destinasi wisata alam gua batu cermin yang sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Obyek wisata gua batu cermin merupakan salah satu dari sederetan destinasi wisata di labuan bajo, kita ketahui bahwa di labuan bajo begitu banyak lokasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi mulai dari obyek wisata binatang komodo, pulau padar, pantai pink, air terjun cunca wulang, dan sederet obyek wisata lainnya yang bisa anda datangi.  Namun destinasi wisata alam gua batu cermin cukup strategis disamping suasana alam yang sangat natural juga lokasi wisata ini berada di dekat kota labuan bajo kab.manggarai barat propinsi nusa tenggara timur
Sebutan  gua batu cermin dikarenakan lokasi gua ini memperoleh penerangan dari pantulan cahaya yang masuk kedalam gua  dan menerangi sekitar 60 persen isi gua batu cermin, dan hal itu bisa terjadi pada hari yang cerah  dan tergantung posisi matahari.  Lokasi wisata alam gua batu cermin labuan bajo membuktikan bahwa pada jaman dahulu kala laut pernah merendam labuan bajo flores propinsi nusa tenggara timur, hal itu dikuatkan dengan adanya terumbu karang, dan fosil menyerupai ubur-ubur, juga terdapat kandungan garam pada stalagmit dan stalagtit di sekitar  gua batu cermin  membuatnya berkilauan saat terkena cahaya lampu.

Baca juga info seputar : Goa Terowongan Gelap di Labuan Bajo

Menurut berbagai sumber bahwa, pada jutaan tahun yang lalu posisi gua batu cermin labuan bajo ini berada di dasar laut namun ketika  terjadi  pergeseran lempeng bumi yang menimbulkan gempa hebat, maka ada sebagian wilayah di daratan flores yang tenggelam, dan ada wilayah yang naik ke permukaan diantaranya  gua batu cermin flores ini. Obyek wisata kabupaten manggarai barat labuan labuan bajo gua batu cermin ini ditemukan oleh Theodore Verhoven seorang peneliti dari Belanda pada tahun 1951.


Akses Menuju Obyek Wisata Alam Gua Batu Cermin



Bagi wisatawan yang memiliki paket tour labuan bajo dan ingin mengunjungi tempat wisata di sekitar labuan bajo khususnya lokasi wisata gua batu cermin cukup mudah sekali, bisa dijangkau sekitar 15 menit menggunakan kendaraan bermotor dari kota labuan bajo dengan jalan yang cukup baik, dan disisi jalan menuju lokasi wisata gua batu cermin terdapat hijau pepohonan membuat perjalanan wisata anda aman dan nyaman serta bebas dari segala hambatan. Sesampainya di pintu masuk daerah wisata gua batu cermin labuan bajo ini, anda harus berhenti untuk memarkir kendaraan, dan anda harus berjalan kaki menuju pintu gua batu cermin labuan bajo flores ini.



Perlu Alat Keselamatan Sebelum Masuk Ke Dalam Gua Batu Cermin

Sesampainya di pintu masuk lokasi wisata gua batu cermin anda akan diberikan helm keselamatan dan menyalakan penerangan dengan mengunakan senter masing-masing. Anda perlu hati-hati, karena sebelum memasuki ruangan yang bercahaya di dalam gua batu cermin, anda akan melewati lorong yang gelap, posisi stalagmit dan stalagtit ada yang rendah dan tinggi di dalam gua batu cermin flores ini membuat anda berhati-hati dan harus berjalan jongkok untuk menghindar badan terantuk dinding batu ketika menyusuri gua batu cermin labuan bajo flores, kabupaten manggarai barat, propinsi nusa tenggara timur yang panjangnya kurang lebih 20 meter.













No comments:

Post a Comment

Nihiwatu Resort Sumba Island

Salah Satu Destinasi Wisata Terbaik Di Dunia adalah Nihiwatu Resort  Sumba   Pulau Sumba,  belum berakhir kalau berbicara soal destinas...