Saturday, July 20, 2019

Danau Weekuri di Sumba Barat Daya yang dikelilingi batu Karang

Lokasi Wisata Danau Weekuri  Sumba Memiliki Kandungan Air Asin dengan Kadar Garam yang Tinggi


Danau Weekuri di Sumba Barat DayaPulau Sumba, memiliki banyak destinasi wisata favorit yang bisa dikunjungi seperti; bukit warinding, air terjun tanggedu, dan unji nyali bermain kuda liar  sumba. Namun ada satu lagi lokasi wisata alam danau weekuri yang cukup menarik untuk dikunjungi yang belakangan ini ramai didatangi para wisatawan. Daerah destinasi wisata alam danau weekuri, merupakan sebuah danau yang dikelilingi batu karang dengan kandungan air yang kental terasa asin dan memiliki kadar garam yang tinggi ini  ramai didatangi wisatawan lokal maupun mancanegara.  Perlu anda ketahui bahwa air didalam danau weekuri sumba barat daya ini berasal dari air laut yang masuk ke danau melalui celah batu karang disekitar danau, dan warna air dalam danau pun sama dengan warna air laut yakni, biru cerah.

Kata Weekuri mengandung arti  “air percikan” istilah dalam bahasa sumba, karena air didalam danau weekuri sumba berasal dari percikan air laut yang masuk melalui celah-celah batu karang sehingga membentuk laguna yang unit dan menarik, sehingga membuat orang ramai-ramai mendatangi lokasi wisata danau weekuri sumba barat daya ini. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 2,5 meter  pada kondisi normal dan bisa mencapai 5 meter ketika mengalami air pasang.  Disekeliling danau weekuri sumba terdapat batuan cantik, batuan gua yang membentuk stalagtit dan stalagmit yang sering dimanfaatkan wisatawan sebagai tempat berteduh dan berlindung. Selain itu juga disekitar danau weekuri terdapat batu karang yang ditumbuhi kaktus sehingga menambah suasana semarak wisata alam danau weekuri yang indah.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke danau weekuri sumba barat daya, selain untuk menikmati keindahan alam danau dan sekitarnya, juga bisa untuk mandi atau berenang dan merasakan kesegaran alami danau weekuri. Disamping itu wisatawan bisa menikmati keindahan danau weekuri dari ketinggian dengan berjalan kaki menapaki bukit, namun anda perlu berhati-hati karena terdapat batu karang yang sangat  tajam yang bisa saja melukai diri anda.  Sesampainya di puncak bukit karang, anda bisa menikmati panorama alam danau weekuri sumba barat daya ini yang luar biasa indahnya. Disamping itu lautan biru dengan ombak yang menghantam gugusan batu karang  disekeliling danau menambah suasana alam danau weekuri yang eksotik  dan membuat wisatawan berdecak kagum.

Letak geografis derah wisata alam danau weekuri sumba 

 

Posisi geografis danau weekur sumba barat daya    berada tepatnya berada di pulau sumba di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Akses Menuju LokasiDanau Weekuri di Sumba Barat Daya

Bagi wisatawan yang ingin wisata ke danau weekuri, anda bisa berangkat dari Waikabubak, ibukota Kabupaten Sumba Barat atau bisa juga berangkat dari Tambolaka, sumba barat daya. Wisatawan bisa menyewa kendaraan motor atau  mobil di Waikabubak atau Tambolaka.  Dan perlu anda ketahui juga bahwa jalan menuju danau weekuri di sumba barat ini masih agak cukup sulit, karena ada beberapa titik jalan yang belum aspal, untuk itu anda harus berhati-hati karena jalan menuju danau weekuri sumba barat daua terkadang licin dan bisa membahayakan  keselamatan anda.












No comments:

Post a Comment

Nihiwatu Resort Sumba Island

Salah Satu Destinasi Wisata Terbaik Di Dunia adalah Nihiwatu Resort  Sumba   Pulau Sumba,  belum berakhir kalau berbicara soal destinas...