Monday, August 12, 2019

Air Terjun Oenesu Jernih dan Alami

 

Air terjun Oenesu destinasi wisata favorit di daratan Kupang


Air Terjun OenesuSalah satu destinasi wisata favorit di daratan kupang NTT  yakni, Air terjun Oenesu,  Air terjun yang tersusun bertingkat-tingkat hingga mencapai empat tingkat ini memiliki kandungan air yang segar dan jernih namun banyak mengandung kapur.   Di sekitar air terjun Oenesu, juga ditumbuhi pepohonan yang rimbun sehingga menambah suasana alam yang sejuk dan agak dingin disekitar air terjun oenesu sehingga sangat cocok sekali untuk relaksasi atau refresing setelah mengalami penat dengan berbagai rutinitas pekerjaan yang berat, juga melegakan badan setelah tersengat panasnya terik matahari di wilayah kota kupang pada saat musim kering yang panjang.

Di dekat air terjun oenesu juga terdapat danau kecil yang terbentuk secara alami sehingga banyak wisatawan memanfaatkannya untuk mandi dan berenang di kolam air terjun oenesu untuk menyegarkan badan. Pada waktu musim curah hujan, yang banyak volume air terjun oenesu airnya menjadi melimpah namun kondisi air tetap bersih dan jernih. Dan pada saat musim kemarau panjang debit  air terjun oenesu mengalami penurunan namun air tetap ada dan kondisi air tetap jernih.

Baca juga : Info Seputar Air Terjun Oenesu  

Pesona alam air terjun oenseu yang berada diantara pohon besar yang tinggi ditambah deru air terjun oenesu menambah suasana alam yang asri, natural dan menghadirkan sensasi bagi wisatawan yang datang. Disamping itu lokasi air terjun oenesu banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk selfie, berfoto, hingga posting ke media sosal. Wisata air terjun Oenesu memiliki wilayah dengan luas sekitar 1,5 hektar. Di sekitar lokasi wisata air terjun oenesu ini sudah disediakan berbagai fasilitas, berupa tempat parkir, MCK, kamar ganti pakaian, lopo atau bangunan peneduh dan tangga menuju ke lokasi air terjun..

Akses Menuju Lokasi Air Terjun Oenesu


Wisata alam air terjun oenesu letaknya berada di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur . Untuk menuju ke lokasi air terjun, bisa ditempuh dengan jarak sekitar 20 km dari kota Kupang atau sekitar  45 menit dengan menggunakan kendaraan. Sesampainya di pintu masuk wisata alam  air terjun oenesu air terjun oenesu, anda dapat memarkir kendaraan di lokasi yang sudah disediakan, kemudian anda bisa menuju lokasi air terjun sekitar 600 meter. dengan berjalan menurun dengan menggunakan anak tangga  hingga tiba dilokasi air terjun.   

Biaya Karcis Masuk Air Terjun Oenesu

Sebelum memasukan tempat wisata air terjun oenesu anda harus membayar karcis masuk sebesar 2.000 rupiah per orang dan untuk biaya parkir kendaraan dengan biaya sebesar 1.000 rupiah.

Fasilitas yang disediakan disekitar Air Terjun Oenesu

Lokasi air terjun Oenesu sudah disediakan fasilitas pendukung bagi wisatawan, seperti lopo-lopo atau tempat beristirahat, toilet, dan musola,  juga  tempat jualan makanan dan minuman ringan disekitar lokasi air terjun oenesu bilamana membutuhkannya.

No comments:

Post a Comment

Nihiwatu Resort Sumba Island

Salah Satu Destinasi Wisata Terbaik Di Dunia adalah Nihiwatu Resort  Sumba   Pulau Sumba,  belum berakhir kalau berbicara soal destinas...