Thursday, July 11, 2019

Pantai Kolbano Kupang NTT yang Indah Menawan

 

Pesona wisata alam pesisir Pantai  Kolbano Soe yang sungguh unik dan menarik wisatawan

Pantai Kolbano KupangBatu yang terdampar dipinggir pantai Kolbano ini jangan dikira seonggok emas putih atau emas bulat namun hanya setumpuk batuan dengan berbagai macam bentuk dan ukuran; ada yang berbentuk bulat, lempeng, lonjong, dan halus.  Batu-Batu yang terdampar di pesisir pantai Kolbano kupang  ini diperkirakan  berasal dari daerah pegunungan yang terbawa air banjir kelaut. Dalam perjalanan, batu-batu ini saling gesek menggesek satu sama lain dipinggir pantai Kolbano, sehingga batu yang mulanya lempeng, lonjong, runcing, lama kelamaan menjadi bersih, licin, dan halus.  Sesampainya di laut batu-batu inipun berkumpul didasar laut, kemudian air gelombang besar mengusir batu-batu ini ke pesisir  pantai Kolbano, sehingga batu-batu ini semakin menjadi licin, bulat, lonjong, dan menjadi tambah halus.  Namun batu-batuan ini ada yang tetap terdampar dipesisir  pantai Kolbano,  dan  ada yang terseret kembali kedasar laut oleh air laut yang mengalami pasang urut. Memang nasip sial menerpa batu-batu ini”.

Pemandangan alam Pantai Kolbano kupang merupakan salah satu obyek wisata indonesia timur yang unik dan menarik untuk dikunjungi, pantai kolbano tidak seperti kebanyakan pantai di indonesia pada umumnya yang pantainya kebanyakan dipenuhi dengan pasir halus, namun berbeda dengan pantai kolbano soe.  Pantai yang berada di selatan pulau timor dengan jarak  sekitar 90 KM dari Ibukota timor tengah selatan, Soe, atau jarak sekitar 135 KM dari kota kupang.  Lokasi pantai kolbano kupang merupakan sebuah wilayah pesisir yang dihiasi dengan tumpukan batu dengan beraneka macam warna, dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Batu yang ada disekitar  pantai kolbano ini bentuknya bermacam-macam ada yang bulat, ada yang lempeng, hitam, putih, agak lembut, dan tidak membahayakan jika kita berjalan diatas batu-batu tersebut tanpa alas kaki. Sebagian di wilayah Indonesia timur khususnya pantai kolbano memang pantainya banyak dipenuhi oleh batu-batuan.


Cerita Misteri daerah wisata pesisir  pantai kolbano soe

 

Disamping keunikan dan keindahannya, Pantai Kolbano kupang ini juga menyimpan sejarah, sebuah  cerita misteri,  menurut masyarakat di sana Pantai Kolbano dipercaya memiliki 'mite' atau cerita yang dianggap sungguh terjadi dan suci, menceritakan tentang seorang gadis anak manusia yang bernama Bi Kabin yang menikah dengan sang Raja Laut Na' Besimnasi atau Buaya. Peristiwa ini terjadi pada beberapa abad yang lalu. Untuk menjaga keharmonisan alam dan menjalin hubungan dengan Na' Besimnasi, keluarga Bi Kabin dan warga sekitar harus melakukan ritual tahunan di Pantai Kolbano nusa tenggara timur ini. Dan sebagai ucapan terima kasih sang Raja Laut,  Pantai Kolbano selalu dilimpahi kekayaan ikan bagi nelayan yang menangkap ikan dipesisir pantai kolbano tersebut.



Pemandangan alam yang ada disekitar Pantai Kolbano Kupang



Selain pantai kolbano yang menarik dan eksotik, disana ada berbagai macam pemandangan alam menarik lainnya seperti tebing-tebing kapur, persawahan, peninggalan budaya, rumah adat, dan lain sebagainya yang bisa dikunjungi melengkapi perjalanan wisata anda.  Pesona alam pantai kolbano kupang bagaikan bidadari dari ufuk timur yang kian hari kian memancarkan cahayanya. 



No comments:

Post a Comment

Nihiwatu Resort Sumba Island

Salah Satu Destinasi Wisata Terbaik Di Dunia adalah Nihiwatu Resort  Sumba   Pulau Sumba,  belum berakhir kalau berbicara soal destinas...